Bentuk Bentuk Olahraga Latihan Kelenturan

Azhar 12:46 PM
Bentuk Bentuk Olahraga Latihan Kelenturan - Dalam melakukan olahraga semisal akan berolahraga yang mengras tenaga dan terbilang olehraga keras maka sebisa mungkin sebelum melakukanya kita harus melakukan pemasanasan ataupun olahraga latihan kelenturan. Bagaimana cara melakukannya, yuk simak caranya di bawah ini:

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Nabi memerintahkan para orang tua untuk mengajari anak-anaknya berenang dan memanah:

“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi).

Nabi Muhammad bahkan menyatakan pentingnya memanah dengan mengatakan “Kekuatan itu adalah memanah”:

Uqbah Ibnu Amir ra berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW di atas mimbar membaca (artinya = Dan siapkanlah kekuatan dan pasukan berkuda untuk menghadapi mereka sekuat tenagamu-ayat, ingatlah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ingat bahwa kekuatan itu adalah memanah.” Riwayat Muslim.

Bentuk Bentuk Olahraga Latihan Kelenturan


Bentuk-bentuk latihan kelenturan sebagai berikut :

1) Peregangan dinamis
Macam-macamnya adalah sebagai berikut :

a) Latihan kelenturan otot leher
Cara melakukannya:
Berdiri tegak kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan di pinggang. Miringkan kepala ke kiri dan ke
kanan, tengokkan kepala ke kanan dan ke kiri serta anggukkan kepala ke bawah dan ke atas masingmasing 2 x 8 hitungan. Tujuannya untuk melatih persendian dan otot leher.

Bentuk Bentuk Olahraga Latihan Kelenturan
Latihan kelenturanotot leher


b) Latihan kelenturan sendi bahu
Cara melakukannya:
Berdiri tegak kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan direntangkan ke samping. Putarlah kedua tangan tersebut dari mulai putaran perlahanlahan kemudian cepat dan dari putran kecil kemudian membesar. Tujuannya adalah untuk melatih persendian bahu dan otot bahu.

c) Latihan kelenturan otot pinggang
Cara melakukannya:
Berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan lurus ke atas, bengkokkan badan ke kiri dan ke kanan secara bergantian 2x8 hitungan, atau putar batang tubuh ke arah kiri 4 hitungan dan ke arah kanan 4 hitungan. Tujuannya adalah untuk meluaskan gerakan pada persendian dan otot pinggang serta melenturkan otot-otot bagian pinggang.

d) Latihan kelenturan sendi pinggul
Cara melakukannya :
Berdiri tegak kaki rapat dan kedua tangan lurus di atas kepala, kemudian ayunkan kedua
belah lengan dari bawah dengan cara menekukkan badan ke depan dan ke belakang masing–masing 2x8 hitungan. Tujuannya adalah melenturkan sendi dan otot pinggang.

Semoga tulisan mengenai Bentuk Bentuk Olahraga Latihan Kelenturan ini bisa bermanfaat yah buat kamu yang akan berolahraga.

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Post

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Choose The System Comment